Pentingnya grammar dalam bahasa Inggris

Grammar adalah ilmu tata bahasa yang harus dipelajari guna menguasai semua keterampilan berbahasa Inggris seperti speaking, writing, reading, ataupun listening dengan benar. Tanpa mempelajari dan mengerti tentang grammar maka orang akan sulit untuk menguasai bahasa inggris dalam segala aspek, oleh karena itu untuk menguasai bahasa inggris dengan baik kita butuh kuncinya yaitu grammar.
grammar dalam bahasa inggris
Grammar adalah bagian yang paling sulit untuk di pelajari menurut kebanyakan orang dalam beberapa pelajaran dalam mempelajari bahasa Inggris. Banyak orang malas dan kadang juga takut untuk belajar bahasa Inggris saat memasuki wilayah grammar dengan tanpa diketahui alasannya mereka segera mengatakan sulit dan mustahil dapat menguasai grammar. 

Grammar adalah tata bahasa dalam Bahasa Inggris.

Sejarah bahasa Inggris dimulai di wilayah Inggris dan merupakan bahasa pokok di kawasan Britania Raya. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa utama dan bahasa kedua di berbagai negara dunia. Dan hingga kini Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang menghubungkan antara bangsa satu dengan bangsa yang lainnya. As a largely “analytic” language, English has a lot less grammar to learn than “synthetic” languages such as French or Spanish, with their long tables of tenses and endings and agreements.

Setiap bahasa mempunyai pola dan aturan tertentu. Oleh karena itu, dalam mempelajari sebuah bahasa diperlukan terlebih dahulu untuk mengetahui tata bahasanya. Tata bahasa inggris umumnya disebut dengan grammar yang di definisikan sebagai  The rules that show how words are combined, arranged or changed to show certain kinds of meaning." 

Apakah bisa belajar bahasa inggris tanpa terlebih dahulu mengetahui grammar? Bisa saja itu dilakukan, namun untuk bidang keilmuan dan ilmiah akan dirugikan sebab tata bahasa memudahkan seseorang untuk berbicara dan menulis dengan benar, santun dan tidak belepotan. Jadi, tingkat keilmuan bahasa seseorang dapat dinilai dari baiknya dia berucap dan menulis dari segi grammarnya. Dan bagi mereka yang ingin menguasai bahasa Inggris untuk tingkatan yang lebih tinggi, misalnya untuk studi lanjut ke luar negeri atau untuk kepentingan pekerjaan, maka mau tidak mau mereka harus mempelajari grammar karena dalam tes standar bahasa Inggris seperti TOEFL, GMAT, atau GRE diperlukan pengetahuan grammar untuk dapat menyelesaikan tes dengan baik. Demikian pula halnya dengan dunia pekerjaan, seseorang akan terkesan kurang profesional bila dia menggunakan Broken English dalam komunikasi yang bersifat formal.

Penerapan grammar dalam Bahasa Inggris.

Grammar sangatlah berpengaruh dalam segala aspek dalam bahasa Inggris. Misalnya dalam speaking dan listening atau dalam berkomunikasi. Grammar, regardless of the country or the language, is the foundation for communication -- the better the grammar, the clearer the message, the more likelihood of understanding the message's intent and meaning. That is what communication is all about. Jika dalam berkomunikasi speaker tidak memahami tentang grammar dan menggunakan broken language maka listener akan salah memahami apa yang speaker ucapkan. begitu juga dengan listener, jika dia tidak memahami tentang grammar dia akan salah memahami apa yang speaker ucapkan meskipun the speaker use good grammar in his speaking. 

Selain dalam speaking dan listening, untuk menguasai writing dan reading juga sangat dibutuhkan penguasaan grammar. Jika penulis menulis sesuatu dengan tata bahasa yang salah pembaca akan kebingungan dalam memahami maksud dari tulisan tersebut. Begitu juga untuk pembaca,  jika ingin menjadi pembaca yang bagus dan dapat memahami makna dan maksud tulisan yang dia baca dengan benar maka dia harus menguasai tata bahasa yang benar.

Belajar grammar dalam Bahasa Inggris.

Penting tidaknya belajar grammar dalam Bahasa Inggris sebenarnya kembali lagi kepada diri kita. Jika kita menyadari manfaat besar yang akan kita dapatkan setelah belajara grammar Bahasa Inggris, kita akan dengan senang hati belajar selangkah demi selangkah dan mengikuti aturan yang ada. Terlepas dari semua itu grammar adalah kunci sukses dalam belajar Bahasa Inggris karena belajar grammar pada akhirnya bertujuan untuk menerapkan empat keterampilan berbahasa yaitu berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »